Hari Santri Nasional, Kalapas: Memotivasi Santri Belajar Ilmu Agama

195

Aceh Tamiang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Kuala Simpang laksanakan kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN), acara tersebut dilaksanakan di Masjid At Tawabin Lapas setempat, Rabu (23/10/2019).

Dalam sambutannya Kepala Lapas Kelas II Kuala Simpang Davy Bartian, Bc.IP mengatakan, hari santri nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 22 Oktober, sesuai dengan Keppres nomor: 22 tahun 2015 dan tahun 2019 ini  perayaan HSN yang ke-4 mengambil tema Santri Indonesia untuk perdamaian dunia.Hari Santri Nasional, Kalapas: Memotivasi Santri Belajar Ilmu Agama 1Menindaklanjuti peringatan tersebut, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Kuala Simpang yang juga memiliki pondok pesantren, bersama para santrinya ikut merayakan peringatan tersebut dan sekaligus turut memotivasi mereka untuk belajar ilmu agama lebih rajin lagi. Sehingga bisa berguna bagi bangsa, negara, keluarga dan masyarakat, hingga saat nanti bebas sudah mempunyai ilmu agama yang cukup atau bisa bermanfaat.

Kepala Lapas Kelas II Kuala Simpang menambahkan, dengan momen ini merupakan satu tonggak peringatan, dimana dulu pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 KH. Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad kepada seluruh santri untuk berperang melawan tentara sekutu, pada saat itu mencoba merebut kembali Negara Republik Indonesia dari para penjajah.

Loading...

Selain itu, dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) hendaknya para santri dapat diberikan perhatian khusus oleh pemerintah, karena secara tidak langsung mereka turut serta dalam mempertahankan dan memperjuangkan keutuhan Negara Republik Indonesia.

Santri yang sudah memiliki kajian cukup baik di pondok Pesantren Al-Hikmah Lapas Kuala Simpang ada sekitar empat puluh delapan orang dan sisa masih dalam tahap belajar. Untuk menambah kesejukan rohani peringatan Hari Santri Nasional (HSN) diisi dengan tausyiah oleh Ustadz Basir dan acara tersebut juga bagian dari Hari Dharma Karyadhika ke-74, ungkap Kepala Lapas Kelas II Kuala Simpang.

Sumber: Amnurdani.
Publikasi: Zulkarnain.

Facebook Comments

Loading...