Azwar: Kerja Keras, Komitmen, Serta Kasih Sayang Modal Kerja PSM

197

Aceh Tamiang – Para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kabupaten Aceh mendapatkan pembekalan selama dua hari, diikuti oleh sekitar delapan puluh orang peserta, kegiatan dilaksanakan diruang Serbaguna Tamiang Cafe Kecamatan Karang Baru berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (25/11/2019).

Sebagai pengantar dalam kegiatan tersebut, Safwan dari Dinas Sosial Provinsi Aceh mengatakan,”setiap relawan di PSM harus bersikap sabar, tidak boleh saling menyalahkan, mampu bekerja mandiri, sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,”terangnya.

“Berikanlah contoh kepada masyarakat yang terbaik, agar mereka itu paham, bahwasannya sosial itu harus diterapkan ditengah kehidupan bermasyarakat,”ungkap Safwan.

Loading...

Dalam kesempatan pembekalan tersebut, Ketua IPSM Aceh Utara Muktaruddin SPd dan Iskandar, sebagai narasumber menyatakan,” PSM adalah  masyarakat yang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan juga kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk membantu Pemerintah serta masyarakat dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial,”ucapnya.

“Maksud dari keberadaan PSM yaitu untuk memberikan kesempatan dan menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk berperan serta dalam melaksanakan penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan meningkatkan kepedulian warga dalam menangani masalah sosial, juga sebagai Mitra Pemerintah serta instansi terkait dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

“Sedangkan tujuan PSM sendiri adalah untuk terwujudnya penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan terlaksananya pelaksanaan sosial masyarakat, serta terpenuhinya kebutuhan  terhadap pelayanan sosial,”ungkap Muktaruddin SPd.

Pada kesempatan yang sama, Azwar Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Aceh Tamiang menyampaikan,”IPSM adalah wadah berhimpunnya para PSM sebagai media koordinasi, komunikasi, pertukaran informasi, pengalaman, serta pengembangan kemampuan administrasi dan teknis di bidang Kesejahteraan Sosial,”terangnya.

“Sebagai anggota IPSM yang berstatus sebagai relawan sosial, harus memiliki inisiator yaitu mampu mengambil inisiatif, mempunyai inovasi dalam menangani masalah kesejahteraan sosial, memiliki motivator untuk melakukan sosialisasi, memberikan informasi dan memotivasi masyarakat, juga harus bersikap dinamisator dalam menggerakkan, menghadapi, mengatasi masalah kesejahteraan sosial serta mampu menyiapkan administrasi, melakukan pencatatan dan pelaporan.

Azwar menambahkan,”sebagai anggota IPSM, harus berkomitmen yang tinggi, bekerja keras dan saya sangat menganjurkan kepada seluruh pengurus sampai di tingkat Kampung untuk dapat menimbulkan rasa kasih sayang pada masyarakat, sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah,”ungkapnya.

“Kita jangan melihat dari segi materi dalam berbuat kebaikan pada masyarakat, Insyaallah akan ada  buah kebaikan yang kita terima,”tegas Azwar.

Facebook Comments

Loading...
loading...