Ribuan Ekor Tukik Tuntong di Tamiang Dilepas ke Habitatnya

222
Ribuan Ekor Tukik Tuntong di Tamiang Dilepas ke Habitatnya
Aceh Tamiang – Berita yang dihimpun melalui grup WhatsApp, Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol. Inf. Decky Rayusyah Putra, S.sos. M.ipol hadiri dalam acara Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bertempat di Kampung Pusong Kapal, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (26/11/2019).

Pada kesempatan tersebut Chalid Said Salim Direktur Operasional dan Produksi Pertamina EP mengatakan,” adapun kegiatan ini merupakan tahap final dari penilaian proper yaitu kunjungan lapangan serta ke rumah Informasi Tuntong (RIT) laut yang telah dibangun tahun 2017 lalu. Sebagai sarana juga wadah edukatif bagi masyarakat untuk belajar dan mengetahui lebih jauh tentang tuntong laut,” ucapnya.

“Perlu di ketahui Tuntong laut merupakan salah satu satwa khas endemik yang di daerah persebarannya terletak di sepanjang Semenanjung Malaysia dan Kalimantan. Namun menurut studi populasi yang dilakukan, bahwa rehabilitasi satwa tersebut paling baik dilakukan di wilayah Aceh Tamiang.

Chalid Said Salim menambahkan,”kerjasama antara Pertamina EP,Yayasan Satu Citra Lestari Indonesia (YSCL), Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, BKSDA. Terhitung hingga tahun 2019 sebanyak 2.297 ekor Tukik sudah dilepaskan ke habitatnya, pelepasan Tukik tersebut juga menjadi salah satu atraksi wisata yang akan dilakukan setiap tahun,” tegasnya.

Loading...

Dalam kesempatan yang sama Sekda Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin SH mengatakan,” dalam kegiatan ini adalah bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah Aceh Tamiang dengan PT. Pertamina ini harus terus kita bina, karena nantinya akan menjadi sejarah, warisan bagi anak cucu,”ungkapnya

“Semoga Pertamina dapat terus membuat inovasi dan terobosan di Aceh Tamiang, agar mampu mendongkrak perekonomian rakyat. Sehingga kedepannya semakin dikenal diluar Aceh,”terang Sekda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, dari Kementrian Lingkungan dan Kehutanan Dewan proper Agus Bambang Subagio beserta team, FM Asset1 PT. Pertamina EP Rantau Toto Parafianto, Penilaian kinerja pengelolaan bahan beracun dan limbah non berbahaya kementrian lingkungan hidup Ir.Shinta Saparinah Soemirna, GM ASSET 1 Pertamina EP Rizal Risnul Wathan, Camat Seruway Hans Marta Kusuma S.STP.Msc, Ketua Persit Cab XXIV Ny. Luli Deky Rahyusah Putra, Ketua YDCL Yusriono, Ketua Kelompok Sadar Wisata Safrul, Danramil 03/ Seruway diwakili oleh Batuud Pelda Purwanto, Wakapolsek Seruway Ipda Sakti, Para Datok Penghulu se kecamatan Seruway, warga Kampung Pusong Kapal.

Facebook Comments

Loading...