Dinas Pendidikan: Beberapa Sekolah Sudah Layak Dilakukan Revitalisasi

191

Aceh Tamiang – Untuk memberikan rasa aman serta nyaman pada anak didik, perlu dilakukan revitalisasi atau perombakan bangunan yang sudah ada, agar semakin layak pakai dan juga dapat menambah ruangan,”ungkap M.Nasir Kasi Sarana dan Prasarana pada Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, disela-sela kunjungannya ke beberapa sekolah, Senin (02/12/2019).

“Revitalisasi SD Negeri Tualang Cut Kecamatan Manyak Payed perlu dilakukan karena, sekolah tersebut sering terkena dampak banjir. Ini juga untuk menambah Ruang Kegiatan Belajar (RKB) dan hanya dapat ditambah ke atas sebab lokasi tanah yang sempit tidak memungkinkan lagi untuk ditambah bangunan di bawah,”ucap Nasir.

Nasir menambahkan,”SD Negeri Sungai Iyu Kecamatan Bendahara dengan muridnya yang berjumlah 219 orang hanya memiliki RKB sebanyak tujuh ruang juga terdapat kelas paralel sebanyak satu lokal yaitu kelas 1 dan kelas 2. Sekolah tersebut juga sering mengalami banjir dan hanya terdapat ruang guru sementara, yaitu menempati ruangan perpustakaan, begitu pula ruangan UKS difungsikan menjadi ruang kepala sekolah,”terangnya.

Loading...

Lanjutnya,”sedangkan SD Negeri 6 Bkit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang hanya memiliki lima RKB dengan jumlah murid sebanyak 206 orang, belajar pada pagi dan sore, juga terdapat kelas paralel.

Sedangkan ruang perpustakaan difungsikan menjadi ruang guru serta ruang UKS dimanfaatkan sebagai ruang kepala sekolah dan mereka juga belum memiliki Musholla.

“Untuk SD Negeri 1 Bukit Tempurung saat ini memiliki sekitar 18 rombel, dengan jumlah murid sekitar 600 orang, terjadi belajar pagi dan sore juga terdapat kelas paralel. SD Negeri 1 kualasimpang memiliki murid sekitar 540 orang, dengan 18 rombel.

Nasir juga menyampaikan,”selain Sekolah Dasar, SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Sungai Liput juga perlu mendapat perhatian. Sekolah tersebut memiliki jumlah murid sebanyak 742 orang dengan rombongan belajar (rombel) sebanyak 21 dan tidak memiliki ruangan khusus untuk guru Bimbingan Konseling (BK),”tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Zulkarnain Is, ST pimpinan dari Lembaga Bina Arsitektur Madani (Le’bam) menyampaikan,”saya berharap agar sekolah dapat dibuat site plan terkait dengan ruang terbuka hijau dan untuk penambahan ruangan juga harus dilakukan penataan yang baik.

Supaya bangunan terlihat lebih rapi dan dapat diatur beberapa tumbuhan hijau yang nantinya dapat menjadikan sekolah terlihat sejuk, serta anak-anak bisa belajar dengan tenang,”ungkapnya.

Facebook Comments

Loading...
loading...